THE ONLY WAY
To Do Great Work
Is To Love, What You Do.
Home » , » Apakah Perusahaan Kertas Indonesia Dapat Menjadi Pahlawan untuk Hutan Kita?

Apakah Perusahaan Kertas Indonesia Dapat Menjadi Pahlawan untuk Hutan Kita?

Written By Unknown on 31 Jul 2015 | 10.53

Pulau Sumatra, tempat April beroperasi, telah kehilangan 75% hutannya sebagian besar karena produksi minyak sawit.


 Perusahaan produsen bubur kertas dan kertas asal Indonesia menyatakan telah berhenti menebangi hutan. Meski demikian, upaya melawan penggundulan hutan masih jauh dari sukses.April, nama perusahaan tersebut, mendapat konsesi lahan hutan seluas satu juta hektare. Namun, melalui sebuah kebijakan, mereka akan memberikan 480.000 hektare untuk pelestarian hutan. Kini, dari komitmen itu, sedikitnya 250.000 hektare telah dilestarikan.

Kelompok penggiat lingkungan Greenpeace menyebut perusahaan itu sebagai "pahlawan" dan berjanji akan mengawasi penetapan kebijakan baru itu.
Padahal, ketika kebijakan itu diluncurkan pada tahun lalu, berbagai kelompok lingkungan termasuk Greenpeace mengatakan langkah itu "terlalu sedikit dan terlalu telat".
Bahkan, awal tahun ini, Greenpeace merilis foto-foto penebangan hutan dan pengeringan lahan gambut oleh anak perusahaan April dan menyandingkannya dengan kompetitor terbesar April, yaitu Asia Pulp & Paper yang telah berkomitmen untuk berhenti mengambil bahan-bahan dari hutan alam sejak 2013.
Aktivis hutan dari Greenpeace Indonesia, Bustar Maitar, mengatakan dukungan kelompoknya bagi kebijakan baru perusahaan itu bukan harga mati.
"Kami mempertaruhkan kredibilitas Greenpeace untuk memastikan penetapan kebijakan ini. Bila suatu saat nanti April melanggar komitmen mereka, Greenpeace tidak akan ragu untuk menarik kembali dukungannya. Kami hanya ingin memastikan tidak akan ada lagi penebangan hutan alam," kata Bustar.

 

SHARE

About Unknown

0 komentar :

Posting Komentar