THE ONLY WAY
To Do Great Work
Is To Love, What You Do.
Home » , , » Aliran Gletser Nitrogen di Pluto

Aliran Gletser Nitrogen di Pluto

Written By Unknown on 22 Nov 2015 | 17.26

Foto jarak dekat yang dikirim New Horizons memperlihatkan area dataran Sputnik di bagian barat area Tombaugh, di mana ada gletser nitrogen -235 C mengalir.


Masih tentang pluto, kali ini New Horizons mengirimkan cerita yang lebih detil dari jantung hati Pluto. area yang kita kenal sekarang dengan nama Tombaugh Regio. Sama seperti bentuknya yang menarik perhatian masyarakat dunia, keberadaan Tombaugh regio memang menyimpan banyak cerita menarik.
Dalam foto-foto yang dikirim oleh New Horizons kita bisa melihat adanya pola terang dan gelap di permukaan Pluto. Pola ini muncul sebagai tanda dari perbedaan komposisi di permukaan Pluto. Ada pola area global yang berubah menurut garis lintang di Pluto. Pola ini menunjukkan perbedaan komposisi di setiap area di Pluto. Dataran yang paling gelap tampak di ekuator Pluto sedangkan warna yang sedikit lebih terang berada di lintang tengah antara ekuator dan kutub utara. Dan kutub utara menjadi area yang sangat terang karena didominasi es. Pola tersebut diduga merupakan hasil dari transfer es dari ekuator ke kutub. Yang menarik, pola ini diinterupsi oleh kehadiran jantung hati Pluto!
Jantung hati Pluto tersebut tampaknya berfungsi sebagai waduk es di Pluto!
Dan seperti yang sudah pernah diceritakan sebelumnya, area Tombaugh ini memang menarik. Di dalam jantung hati Pluto, atau tepatnya di bagian barat area Tombaugh, ada dataran Sputnik nan datar dengan pola poligon dan gunung es Norgay.
Kali ini cerita dari New Horizons masih seputar area Tombaugh dengan detil yang lebih jelas lagi. Kisah ini bisa kita peroleh setelah New Horizons berpapasan dengan pluto dan memotret permukaannya dari jarak 450 ribu km dan menampilkan fitur terkecil yang berukuran 2,2 km.
SHARE

About Unknown

0 komentar :

Posting Komentar