Promosi
Kopi Spesial Indonesia gencar dilakukan untuk memperkenalkan Indonesia sebagai
penghasil kopi dengan keragaman yang terbesar di dunia.
Uji cita rasa (cupping) kopi spesial Indonesia dengan latar belakang
peta Indonesia pada The Nordic World of Coffee di Gothenburg, Swedia pada 16-18
Juni 2015. (Kompas.com/Arsip KBRI Brussel)
Partisipasi Indonesia dalam The Nordic World of Coffee di Gothenburg, Swedia
pada 16-18 Juni 2015 berhasil menembus pasar Eropa. Indonesia berhasil
menunjukkan kekayaan cita rasa kopi premium spesial Indonesia dengan
menyuguhkan 9 jenis kopi arabika indikasi geografis (IG) kepada buyers dan
visitors serta mendisplai 45 jenis kopi spesial premiun hasil beauty contest
kopi dari seluruh wilayah Indonesia.
Selama pameran berlangsung, pengunjung memadati paviliun Indonesia melakukan
uji cita rasa (cupping) kopi spesial Indonesia dengan latar belakang peta
Indonesia.
Menurut Iqnacio Kristanyo Hardojo, Kepala Perwakilan KBRI Brussel Promosi
Kopi Spesial Indonesia gencar dilakukan oleh KBRI Brussel ini dijadikan
momentum memperkenalkan Indonesia sebagai penghasil kopi dengan keragaman yang
terbesar di dunia.
Lebih lanjut dijelaskan oleh Kepala Perwakilan KBRI Brussel bahwa paviliun
Indonesia yang bertema Remarkable Indonesia – Home of World's Finest Coffee
juga menampilkan atraksi budaya tradisional Indonesia berupa Rindik (musik
bambu) Bali, pemakaian pakaian adat tradisional nusantara serta penyajian teh
beraroma kopi (kahwa) dari daun kopi asal Sumatera Barat.
Penyajian kahwa daun ini sangat unik dan menarik
karena satu-satunya peserta pameran yang mengaitkan kopi dengan unsur budaya
lokal. Walaupun baru tahap pengenalan, kahwa daun berhasil membukukan kontrak
on spot antara 2 buyers dengan Syafudin, Ketua Asosiasi Kopi Spesial Indonesia
(AKSI). Dalam kontrak disepakati ekspor 2 (dua) kontainer kahwa daun dengan
nilai Rp 800 juta, masing-masing 1 kontainer ke Norwegia dan Afrika Selatan.
0 komentar :
Posting Komentar