THE ONLY WAY
To Do Great Work
Is To Love, What You Do.
Home » » Kisah dari Secangkir Kopi Toraja

Kisah dari Secangkir Kopi Toraja

Written By Unknown on 21 Jul 2015 | 10.48

"Harga kopi terlalu murah, petani meninggalkan kebunnya. Nanti, kopi Toraja mungkin tinggal nama."


Apa cerita yang bisa diungkap dari secangkir kopi?
Berkenalanlah dengan Sulaiman Miting, 66. Dia dan kopi buatannya bisa bercerita banyak hal tentang perang kopi hingga nasib petani di kampungnya Toraja.
"Harga kopi terlalu murah, petani meninggalkan kebunnya. Nanti, kopi Toraja mungkin tinggal nama."
Begitulah Sulaiman Miting, 66, menjelaskan bagaimana kondisi tanah Toraja beberapa tahun lalu. Nama kopinya melejit, namun petani tak mendapat apa-apa.
"Pembeli menentukan harga," katanya.
Selama hidupnya, Sulaiman sering diminta menemani pengusaha dari dalam dan luar negeri untuk bertemu dengan para petani kopi.
Dari situlah dia tahu tahu jauhnya perbedaan harga beli di petani dan harga jual di kafe-kafe.
Pada 2011, dia bertemu dengan seorang petani kopi yang berubah beralih menanam sayur karena 'harga kopi terlalu murah'. Waktu itu, satu liter kopi kulit tanduk hanya dihargai sama dengan satu liter beras (sekitar Rp9.000).
Dari situlah, Sulaiman terpanggil untuk melakukan sesuatu. "Saya ingin mendekatkan petani dengan pembeli agar middle man jangan terlalu banyak bermain.
"Dari petani masuk ke pengumpul di pasar (pasambu), masuk tengkulak, eksportir, broker, baru sampai Starbucks di Seattle, dan konsumen."

Seorang penjual kopi Toraja di Rantepao, ibu kota Kabupaten Toraja Utara, menunjukkan jualannya. Selain dikenal karena produk kopinya, daerah ini juga merupakan pusat kebudayan etnik Toraja. (Purwo Subagiyo/National Geographic Indonesia)
Indonesia adalah penghasil kopi terbesar ketiga di dunia setelah Brasil dan Vietnam. Pada 2013, produksi kopi bisa mencapai 692.000 ton, menurut kementerian perindustrian.
Warung kopi Toraja
Dua tahun lalu, Sulaiman mulai mendirikan Warung Kopi Toraja sebagai galeri bagi para petani kopi menampilkan contoh-contoh kopi mereka.
Kafe ini mungkin satu-satunya yang berdiri di Rantepao, Toraja.
"Budaya minum kopi di warung tidak lazim bagi orang Toraja. Mereka minum kopi di upacara adat. Karena itu membuka warung kopi bagi orang Toraja pasti rugi. Tapi saya buat warung itu untuk pembeli."
Di warung kopi ini, para calon pembeli bisa memilih contoh-contoh kopi dan Sulaiman langsung mempertemukan mereka dengan petani.
Kini, Sulaiman bercerita, harga kopi mulai naik di beberapa desa. Kopi di Desa Sapan misalnya sudah seharga Rp20.000 per liter dan di Desa Awan sekitar Rp18.000 per liter.
Kecintaan Sulaiman pada kopi bukanlah tiba-tiba. Kopi ada 'dalam darahnya', diturunkan kakek neneknya asal Bugis yang berdagang kopi di tanah Toraja pada pertengahan tahun 1800-an.
Dia mengerti betul bagaimana memperlakukan kopi dan mempertahankan cara sangrai tradisional.
Salah satu teknik yang berkembang dari 100 tahun yang lalu adalah proses natural dengan diinjak-injak.
"Proses seperti ini akan menghasilkan honey coffee, karena lendirnya yang manisnya tidak keluar. Lendir kopi meresap masuk ke biji yang hijau, rasa itu yang memberi manis."
(Christine Franciska/bbc.co.uk/indonesia)


SHARE

About Unknown

0 komentar :

Posting Komentar