THE ONLY WAY
To Do Great Work
Is To Love, What You Do.
Home » » Tips Menguasai Bahasa Asing dengan Cepat

Tips Menguasai Bahasa Asing dengan Cepat

Written By Unknown on 11 Apr 2015 | 14.01

Tidak butuh waktu bertahun-tahun untuk mempelajari bahasa asing, berikut adalah tips yang dapat Anda ikuti.


Melakukan perjalanan keliling dunia untuk urusan bisnis, kerja ataupun pendidikan memang menyenangkan. Namun satu hal yang sering menjadi masalah: Bahasa.
Bukan tidak mungkin untuk menguasai bahasa asing dengan cepat. Bahkan menurut ahli bahasa, Anda dapat menguasai bahasa asing dengan sangat mahir hanya dalam kurun waktu satu bulan saja. Walau Anda butuh waktu yang lama untuk bisa lancar membaca karya sastra berbahasa asing, namun diperlukan waktu yang relatif cukup singkat untuk menguasai frasa dan teknik bahasa yang Anda butuhkan untuk berkomunikasi dengan penduduk lokal di negara yang Anda kunjungi.

Benny Lewis, seorang teknisi mesin, menguasai tujuh bahasa dunia yang termasuk bahasa Spanyol, Prancis, Jerman dan Mandarin. Caranya mempelajari bahasa asing sangat menarik; pertama-tama ia akan mempelajari basic conversation atau percakapan standar yang umum digunakan. Lalu, ia akan mulai membuat suatu script atau naskah yang berisikan reka percakapan yang akan ia alami di negeri asing yang akan ia kunjungi. Membuat naskah tersebut membantunya memahami pertanyaan-pertanyaan umum yang sekiranya akan ia dapatkan dari orang lokal. Dengan taktiknya membuat naskah percakapan tersebut, Lewis mampu menerjemahkan teks tentang teknikal mesin, membuatnya selangkah lebih maju dalam menguasai bahasa asing.

Para ahli bahasa membenarkan taktik yang dilakukan Lewis tersebut, bahwa mempelajari frasa baik dari textbook maupun online tutorial akan sangat membantu seseorang untuk menguasai bahasa baru. Kegiatan tersebut meningkatkan jumlah kosakata dan membantu meningkatkan kepercayaan diri untuk melakukan percakapan dengan warga lokal; kunci utama dalam menguasai bahasa asing.

Lewis mengungkapkan, "Halangan terbesar dalam mempelajari bahasa adalah kurangnya rasa percaya diri." 
Ahli bahasa pun membenarkan pernyataan Lewis. "Banyak orang tidak akan mengalami peningkatan dalam mempelajari bahasa baru jika mereka tidak memberanikan diri untuk berbicara," ungkap Michael Geiser, wakil kepala sekolah Middleburry College di Vermont, AS.

Taktik lain yang juga diberikan oleh Lewis adalah untuk tidak takut melakukan kesalahan. "Saat saya mempelajari bahasa Spanyol, yang keluar dari mulut saya adalah suara seperti Tarzan di hutan."

Kunci utama lainnya adalah dengan menggemari bahasa yang Anda pelajari. Dengan kegiatan membaca, mendengarkan radio, atau berbicara langsung dengan penduduk lokal, dapat membantu Anda menggemari bahasa yang Anda pelajari. Semakin Anda membuat diri Anda menggemari bahasa yang Anda pelajari, semakin cepat tingkat kemampuan Anda dalam menguasai suatu bahasa.
(Difa Restiasari. Sumber: BBC Online)

 

SHARE

About Unknown

0 komentar :

Posting Komentar